Pustekkom Kemdikbud Kerja Sama Peningkatan TIK Dengan Pemda Pangkal Pinang

 Jakarta — Guna memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk bidang pendidikan, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melakukan kerja sama dengan pemerintah kota Pangkalpinang. Kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara  Wali Kota Pangkal Pinang Zulkarnain Karim dan Kepala Pustekkom Ari Santoso, di Gedung Kemdikbud, Jumat (9/11).

Kerja sama ini melingkupi pengembangan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi dan sistem informasi untuk mendukung layanan substansi pendidikan. Selain itu ada juga kerja sama untuk konten e-administrasi dan e-pembelajaran, seperti pemanfaatan aplikasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) online, pemanfaatan portal rumah belajar, penyiaran program radio dan televisi edukasi, dan pemanfaatan TV lokal untuk edukasi.

Selain pemanfaatan fasilitas yang telah ada, kerja sama ini juga melingkupi pengembangan konten dan sumber daya manusia (SDM). Pengembangan konten yaitu produksi konten audio, video dan multimedia, serta konten portal rumah belajar. Sedang untuk pengembangan SDM, ada tiga pelatihan yang akan dilakukan. Yaitu pelatihan pemanfaatan konten berbasis TIK, pelatihan pengelolaan infrastruktur TIK, dan Pelatihan pengembang konten berbasis TIK.

Kepala Pustekkom Ari Santoso mengatakan, kerja sama ini menunjukkan komitmen Pustekkom untuk meningkatkan TIK di wilayah Sumatera umumnya dan Pangkal Pinang khususnya. Program yang terdapat di dalam kerja sama ini akan mulai dilaksanakan pada Januari 2013. “Terutama untuk latihan ujian nasional di Pangkal Pinang dan sistem penerimaan siswa baru, free, dan juga portal layanan rumah belajar bisa dimanfaatkan kelas mayanya,” ujar Ari usai penandatanganan.

Wali Kota Pangkal Pinang Zulkarnain Karim juga sangat mendukung kerja sama ini. Menurutnya, kerja sama ini merupakan langkah baru bagi daerahnya. Pangkal Pinang yang telah melakukan wajib belajar 15 tahun, kata Zulkarnain, telah disahkan menjadi cyber city pada 2006 lalu. “Pangkal Pinang sumber daya alam nya minim, oleh karena itu kami berpikir bagaimana teknologi bisa maju, dengan jaringan kerja yang banyak,” katanya.

Kerja sama semacam ini bukan pertama kalinya dilakukan oleh Pustekkom. Sebelumnya, Pustekkom telah melakukan kerja sama dengan Kabupaten Pekalongan dan Kota Batam. (AR)

Categories: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: